Rabu, 02 Maret 2011

Kapan Orangtua Membutuhkan Obat Penurun Panas Pada Anak?

Bila anda mendapati buah hati anda suhu tubuhnya panas atau demam anda tak perlu panik berlebihan. Sesungguhnya, demam adalah respon tubuh terhadap infeksi. Itu sebabnya orangtua tidak disarankan terlalu gampang memberikan obat penurun panas bila suhu tubuh anak naik.

Menurut Dr. Kiki Madiapermana Samsi Sp.A dari Kemang Medical Center Jakarta, mengatakan bahwa, idealnya, saat anak mengalami panas atau demam, harus terlebih dahulu diketahui penyebabnya, virus atau bakteri. Kalau disebabkan oleh virus, 80 persen
akan sembuh dengan sendirinya dan hanya 20 persen yang membutuhkan perawatan.

Pemberian obat penurun panas sebaiknya di berikan bila suhu tubuh anak mencapai 39 derajat celsius. "Kalau baru 37,5 derajat sebaiknya tahan dulu. Masalahnya pemberian obat penurun panas itu ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi ia menurunkan suhu tubuh tapi di sisi lain bila sering-sering diberikan bisa merusak hati, padahal ini obat yang standar," tambah Dr.Kiki.

Beliau juga menambahkan, penundaan pemberian obat penurun panas dimaksudkan agar dokter bisa melihat pola sakitnya. "Kalau baru 37,5 sudah dikasih obat bagaimana dokter bisa mendeteksi polanya," tambahnya.

Kapan anda perlu membawa anak anda ke dokter? "Bila orangtua merasa panik dan merasa perlu membawa
anaknya ke dokter silakan saja, tapi sebaiknya jangan minta obat kalau hari itu belum perlu obat, jangan memaksa untuk periksa lab kalau baru dua hari demam," ujar Dr. Kiki.

Akan tetapi, biasanya dokter memberikan obat untuk para orangtua yang panik tersebut. "Daripada membeli obat dengan dosis tak terkontrol, mending di kasih obat antibiotik dosis rendah, jadi meski penyebabnya virus tak akan berbahaya," paparnya.

Untuk mengurangi demam anak, orangtua bisa mengompres anak dengan air hangat serta sering-sering memberinya minum. Masuknya cairan yang banyak lalu dikeluarkan lagi dalam bentuk urine, merupakan salah satu cara untuk menurunkan suhu tubuh.


Sumber : kompas.com

Baca Juga :

Tidak ada komentar: