Jumat, 18 Maret 2011

Madu Memicu Kerja Otak

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan madu. Ya, saat ini madu sudah menjadi salah satu menu favorit di sebagian masyarakat kita. Karena madu dapat dikonsumsi kapan saja. Baik itu dikonsumsi sebagai pendamping menu sarapan, ataupun memang sengaja dijadikan menu pelengkap nutrisi bagi keluarga sehari-hari.

Madu yang sudah terbukti khasiatnya sejak ratusan tahun silam, bukan hanya sebagai pemasok energi saja, tetapi juga punya sejumlah khasiat yang luar biasa. Minum satu sendok makan madu asli sebelum tidur, akan meningkatkan fungsi kinerja otak. Sebab,
fruktosanya mampu memberi energi cadangan pada hati dan bekerja pada otak semalaman. Tak heran, jika madu dipercaya sebagai penambah energi para atlet zaman Yunani kuno selama acara olimpiade.

Madu memiliki kandungan karbohidrat 82,3% lebih tinggi di antara produk produk hewani lainnya. Seperti, susu, telur, daging, keju, dan mentega. Setiap 100 gram madu murni mengandung 294 kalori. Sedangkan tiap 1000 gram atau 1 kg madu kalorinya setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging.

Kandungan glukosa dan fruktosa pada madu mampu mensuplai glikogen pada hati. Juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cairan manis alami ini memiliki efek antibakteri baik secara internal maupun eksternal sehingga dapat mempercepat pemulihan tubuh. Berfungsi juga antivirus alami untuk mengobati flu.

Hasil penelitian Pennsylvania State College of Medicine, Amerika Serikat, menyebutkan khasiat satu sendok makan madu mampu menjadi obat flu yang disarankan. Sebelumnya, penelitian yang dilakukan Shone Blait di Universitas Sydney, Australia, pada tahun 2007, menyebutkan madu efektif memulihkan luka atau infeksi, dan juga mendukung bakteri baik pada usus dan menumpas sariawan.

Tidak hanya kandungan gulanya yang tinggi (fruktosa 41%, glukosa 35%, sukrosa 1,9%), tapi juga memiliki komponen lain. Seperti, vitamin A, B1, B2, dan mineral (kalsium, natrium, kalium, zat besi dan magnesium). Madu juga memiliki antibiotik dan berbagai asam organik seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat. Nah, untuk itu, kita disarankan agar mengonsumsi 2 sendok teh madu tiga kali setiap harinya guna menjaga kesehatan lambung.

Wow.. Luar biasa kan kandungan yang ada pada madu? Bagaimana, apakah anda sudah menjadikan madu sebagai menu wajib anda dan keluarga untuk dikonsumsi setiap hari? Kalau belum, silahkan anda mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. :)

Sumber : www.detik.com

Baca Juga :

Tidak ada komentar: