Selasa, 15 Februari 2011

Kiat-kiat Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Membaca bagi sebagian besar anak-anak mungkin menjadi kegiatan yang membosankan dibanding dengan kegiatan bermain mereka.  Memang untuk membangun kecintaan anak pada kegiatan membaca bukanlah perkara mudah. Namun hobby membaca pada anak mempunyai nilai manfaat yang luar biasa bagi proses kecerdasan dan kelangsungan hidup sang anak dikemudian hari.

Kecintaan anak pada kegiatan membaca merupakan modal awal dalam proses belajar mengajar yang akan dilaluinya kelak. Lebih dari itu, melalui kegiatan membaca anak juga dapat mengembangkan imajinasinya dan mengenal lebih banyak karakter-karakter kepribadian.

Anak cenderung memilih kegiatan yang lebih bersifat
aktif dan menyenangkan dibanding  membaca, padahal membaca itu sendiri bisa menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak jika anda sebagai orang tua mampu mensiasatinya dengan benar dan bijaksana.

Penulis buku anak terkenal, Peter Corey, menyarankan salah satu kunci sukses agar suasana kegiatan membaca dapat menyenangkan adalah bacalah bersama dengan anak anda. Membaca bersama si kecil adalah kegiatan yang positif dan edukatif, karena kegiatan tsb dapat meningkatkan minat baca anak anda.

Seperti yang dikutip dari femalefirst, Peter Corey juga memberikan tips lainnya untuk anda meningkatkan minat baca anak anda sebagai berikut :
  1. Kegiatan membaca bersama lebih efektif bila dilakukan selama 10-15 menit setiap harinya. Bila anda tidak menemukan waktu yang tepat selama satu hari penuh, maka manfaatkanlah waktu sebelum tidur untuk membaca bersama buah hati anda.
  2. Membaca merupakan kegiatan yang menyenangkan, jadi hindari memaksakan anak untuk membaca saat sikecil lelah dikarenakan banyak kegiatan. Biarlah ia memiliki inisiatif untuk memulai membaca.
  3. Setelah kegiatan membaca selesai, sebaiknya gunakan waktu si kecil memberikan pendapat, kesan ide, tentang cerita tersebut dan dengarkan apa yang dibicarakannya kemudian diskusikan. Dengan begitu anda dapat mengetahui apakah ia mengerti isi buku yang dia baca.
  4. Gunakan Fasilitas yang mendukung cerita, seperti nikmati setiap gambar pada buku cerita tersebut. Anak akan lebih mudah mendapatkan pemahaman dengan bantuan gambar.
  5. Pilih cerita yang sederhana, lucu dan menarik. Bila perlu pilihlah buku cerita yang menjadi tema kesukaannya.
  6. Tema buku cerita anak-anak sangat beragam. Jadi belilah buku tersebut di toko buku bagian khusus anak agar dapat menemukan tema cerita yang menarik.
  7. Sederhanakanlah penggunaan kata-kata yang anda ucapkan. Hindari membacakan kalimat yang panjang dan sulit dimengerti anak. Bila anak anda tidak paham dengan alur cerita , maka gunakan bahasa sehari-hari yang lebih mudah dimengerti.
  8. Jangan ragu untuk menilai buku dari sampul atau penulisnya. Ini dapat menolong anda untuk memutuskan apakah buku tersebut layak dibeli.
  9. Jangan khawatir jika anak anda ingin membaca buku yang sama setiap saat. Anak-anak biasanya menikmati kegiatan pengulangan karena dapat membantu mereka untuk lebih memahami cerita.
  10. Berikanlah pujian pada anak anda yang telah berusaha untuk membaca. Biarkan ia tahu apa kesalahannya saat membaca. Dengan begitu ia akan semakin sempurna dalam membaca.
Demikian beberapa kiat yang diharapkan mampu menumbuhkan minat membaca pada anak-anak anda. Mari budayakan minat membaca pada anak sejak usia dini dan kita bangun generasi bangsa yang cerdas dan bermoral.


Sumber : www.wolipop.com

Baca Juga :

Tidak ada komentar: