Selasa, 22 Februari 2011

Mengapa Arifin-Toisutta Gagal Lolos Verifikasi ?

Berdasarkan pengumuman hasil verifikasi calon Ketua Umum PSSI, Arifin Panigoro dan George Toisutta dinyatakan tidak lolos sebagai calon Ketua Umum PSSI periode 2011-2015. Ketua Komisi Pemilihan (KP) Syarif Bastaman tidak bersedia menyebutkan alas an tidak meloloskan Arifin dan Toisutta. Lalu apa sebenarnya alas an yang membuat Arifin dan Toisutta tidak lolos?

Kuasa hukum Arifin-Toisutta, Timbul Thomas Lubis menjelaskan bahwa alasan tidak lolosnya Toisutta adalah tidak terpenuhinya persyaratan aktif di sepak bola selama 5 tahun. Sedangkan Arifin karena keterlibatannya dalam Liga Primer Indonesia (LPI) yang dianggap illegal oleh PSSI.

Sebagaimana yang diberitakan, dari hasil verifikasi Komite Pemilihan telah menetapkan Nirwan Dermawan Bakrie dan Nurdin Halid sebagai calon Ketua Umum periode 2011-2015.

Terkait hasil verifikasi itu, Timbul mengatakan  bahwa menurut penilaiannya dari segi hukum, kelayakan dan kepatutan dari olahraga pencoretan atas Arifin-Toisutta tidak pantas. Karena yang namanya  Komite Pemilihan, jikalau melihat ada yang kurang maka dengan itikad baik komite harus mengundang orang yang mencalonkan untuk meminta penjelasan dari yang bersangkutan, tetapi menurut Timbul, Komite Pemilihan hanya memutuskan sepihak tanpa mengundang Arifin-Toisutta untuk datang memberikan penjelasan.

Menurut Timbul, apa yang terjadi sekarang adalah pertanda amburadulnya system di PSSI. Karena menurutnya orang yang sudah jelas-jelas terkena peraturan tetapi malah diloloskan. Pada saatnya nanti,  Timbul akan membeberkan bagaimana kekacauan itu terjadi.

Oleh karena itu, pihaknya akan mengajukan banding terhadap keputusan Komite Pemilihan. “Kami akan mengajukan banding dengan alas an menolak semua apa yang dijelaskan Komite Pemilihan yang amburadul. Alasan mereka mencoret Arifin dan Toisutta bertentangan dengan kenyataan yang ada. Makanya dengan peraturan yang ada, kami akan ajukan banding ke Komite Banding. Kami sudah menerima SK-nya, Sabtu malam. Selasa akan kami masukkan memori bandingnya,” bebernya.


Sumber : www.koranbola.info

Baca Juga : 

Tidak ada komentar: