Jumat, 18 Maret 2011

Tomat Sebagai Pencegah Kanker Prostat

Anda mungkin sering menemukan buah tomat dalam menu makanan yang anda santap sehari-hari. Namun, tahukah anda khasiat yang terkandung dalam buah tomat tersebut? Ternyata, buah tomat yang masuk dalam jenis sayuran ini mengandung nilai gizi yang sangat sarat manfaat untuk yang mengkonsumsinya, terutama untuk kaum pria. Apabila anda mengkonsumsi sayuran ini setiap hari, maka kemungkinan besar anda akan terhindar dari serangan kanker prostat.

Buah yang rata-rata berwarna merah ini cukup mudah dijumpai. Rasanya yang asam-asam segar, tidak hanya enak dijadikan campuran salad atau dilalap langsung ditemani sambel terasi, tapi juga bisa dijadikan minuman dingin yang enak. Kandungan vitamin C dalam tomat juga sangat tinggi, juga lycopen yang ada di dalamnya berfungsi sebagai anti-oksidan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di The University of Illinois, ditemukan kalau tomat dapat menurunkan resiko terkena kanker prostat.
"Para ilmuwan meyakini kalau pigmen karotenoid yang memberikan warna merah, kuning, dan oranye untuk beberapa buah dan sayur bisa mencegah penyakit kanker. Tak terkecuali pada buah tomat," ujar John W. Erdman, salah seorang peneliti di The University of Illinois. Lycopene, yang memberikan warna merah pada tomat adalah salah satu multivitamin yang tengah jadi primadona. Fungsinya beragam, mulai dari menjaga keremajaan kulit, sebagai anti-oksidan yang menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas.

"Selain lycopene, didalam tomat juga terdapat dua jenis karotenoid yang tidak terlalu banyak diperhatikan, yaitu phytoene dan phytofluene, yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan lycopene." terang Nancy Engelmann, salah satu peneliti.Meskipun manfaat mengkonsumsi tomat tidak bisa dirasakan secara langsung, namun dengan mengkonsumsinya secara teratur setiap hari akan mendatangkan manfaat jangka panjang, salah satunya adalah mencegah resiko kanker prostat pada pria.

Mulai sekarang pastikan tomat selalu ada dalam daftar menu anda sehari-hari. Kebutuhan vitamin A, vitamin C terpenuhi dan bebas pula dari kanker prostat. Mantap kan? Semoga bermanfaat.

Sumber : www.detik.com

Baca Juga :

Tidak ada komentar: