Senin, 30 April 2012

Cara Berhenti dari Pekerjaan Sekarang dengan Elegan

Banyak orang berpikir bahwa berhenti dari pekerjaan saat lapangan pekerjaan sangat terbatas merupakan keputusan yang demikian sembrono. namun, banyak orang masih juga berani mengambil keputusan itu dan meninggalkan pekerjaan mereka yang sudah nyaman dan mapan. 

Jika Anda hendak meninggalkan pekerjaan Anda yang sekarang untuk berbisnis sendiri atau untuk alasan lainnya, jangan khawatir. Anda bisa mengundurkan diri dengan cara yang elegan. Dengan mempersiapkan pengunduran diri dengan baik, proses perpindahan yang terjadi akan lebih mulus. 

  • Jelaskan bahwa keputusan itu mengenai nasib Anda 
Pikul tanggung jawab atas keputusan Anda sendiri dan jangan salahkan orang lain. Jelaskan alasan mengapa perpindahan itu terjadi dan menjadi satu pilihan yang masuk akal bagi Anda sekarang.  

  • Akuilah bahwa orang lain akan terpengaruh 
Berhenti dari pekerjaan kita yang sekarang tak hanya memberikan dampak bagi kehidupan pribadi kita tetapi juga berpengaruh pada kehidupan rekan kerja dan atasan kita. Bersikaplah terus terang dan akuilah bahwa pekerjaan mereka akan baik-baik saja setelah kita mengundurkan diri. 

  • Tetap berhubungan 
Jangan pernah memutuskan hubungan dengan pekerjaan yang Anda tinggalkan karena Anda tak pernah tahu saat Anda akan memerlukannya di masa datang. Tetap berkomunikasi dengan para mantan rekan kerja dan atasan Anda di sana. Jika memungkinkan, temukan cara utnuk melanjutkan pekerjaan dengan atasan Anda dalam posisi yang berbeda. Bisa saja sebagai konsultan, mitra bisnis dan sebagainya. 
(Diadaptasi dari "How to Quit Your Job with Style" oleh Steven DeMaio) 


Baca Juga :

Tidak ada komentar: