Minggu, 03 April 2011

Bermasalah Dengan Pencernaan Atau Sering Sembelit? Coba Kuliner Ini..!

Anda sering mengalami sembelit atau kesulitan buang air besar? ternyata gangguan sebelit itu bisa diatasi dengan mengkonsumsi jagung. Ya si kuning manis ini bukan hanya enak tetapi juga berkhasiat. Kandungan karbohidrat dan seratnya sangat membantu usus mencerna makanan.

Jagung tak hanya enak untuk direbus, dibakar, atau dijadikan pop corn. Makanan yang dikenal sebagai salah satu makanan pokok ini, rasanya legit dan wangi aromanya. Ternyata jagung juga ampuh mengatasi masalah sembelit. 

Makin beragamnya olahan jagung membuat banyak orang menjadikan panganan ini sebagai camilan favorit. Tak hanya rasanya yang manis dan bertekstur renyah, sayuran dengan segala musim ini memiliki kandungan serat tinggi dan baik untuk pencernaan.

Times of India, menyebutkan jagung sebagai makanan bergizi tinggi. Kaya akan vitamin B1, B5, asam folat, dan vitamin C. Dari kandungan nutrisi tersebut, jagung bisa membantu tubuh menghasilkan sel-sel baru, dan mencegah datangnya penyakit.

Bagi ibu hamil, asam folat dalam jagung juga ampuh membentuk saraf janin saat dalam kandungan. Para pakar kesehatan juga menyarankan, agar penderita anemia rutin mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat ini, karena memiliki vitamin B1 dan B5 yang tinggi.

Selain itu, serat pada jagung dapat dijadikan obat mujarab untuk membantu memerangi masalah pencernaan, seperti sembelit atau sulit buang air besar. Serat dalam jagung juga mampu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko kanker usus besar dan juga bermanfaat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Karena itu sebaiknya makanlah jagung secara rutin. Jadikan jagung dan olahannya sebagai camilan favorit atau lauk. Tak hanya rasa gurih dan enak yang didapat. Kebutuhan seratpun bisa dipenuhi dan terbebas dari masalah susah buang air besar.

Semoga bermanfaat.

Sumber : www.detik.com

Baca Juga : 

Tidak ada komentar: