Rabu, 24 November 2010

Kiat-kiat Mewujudkan Bekerja Cerdas

Bekerja cerdas atau istilah kerennya saat ini smart work, kalimat yang mudah diucapkan namun belum tentu setiap orang dapat melakoninya dengan mudah.

Kenapa demikian? Karena tak jarang sebagian besar dari kita bekerja hanya sekedar menunaikan kewajiban, menjalani rutinitas yang monoton, bahkan mungkin menjalani pekerjaan sehari-hari dengan perasaan dan suasana yang tegang, tidak rileks, dikarenakan tekanan pekerjaan yang begitu berat, deadline yang hampir buntu, pencapaian penjualan yang masih jauh dari yang ditargetkan perusahaan, boss yang galak dan otoriter serta masih banyak lagi sederet penyebab yang menjadikan otak kita tidak bisa berpikir kreatif dalam menyelesaikan pekerjaan, yang penting kami sudah melaksanakan tugas, mau baik atau buruk hasilnya itu urusan belakangan.

Jika mentalitas seperti ini terus dibiarkan, maka yang akan terjadi
sudah bisa ditebak, target penjualan tidak tercapai, deadline pekerjaan yang terus molor, produktifitas menurun dan lain-lain, sedang biaya terus melonjak. Sehingga segala sesuatunya berjalan tidak efektif dan efisien. Dengan demikian tujuan keberhasilan dari usaha yang kita jalani akan sulit dicapai.

Bekerja cerdas bukanlah berarti anda tidak bekerja dengan keras, hanya saja usaha keras anda dalam bekerja cerdas akan menghasilkan tingkat efektifitas dan produktifitas yang jauh lebih tinggi.

Dengan demikian anda tidak perlu membuang banyak waktu, tenaga dan biaya untuk mewujudkan cita-cita dan keberhasilan seperti yang anda inginkan. Dengan kata lain, jika ingin bekerja keras, pastikan anda melakukannya dengan cerdas.

Berikut saya coba berbagi kiat kepada anda, hal-hal apa saja yang dapat mendukung anda agar dapat bekerja dengan cerdas :
  1. Menyukai pekerjaan anda. Cobalah mulai saat ini anda mulai menyukai pekerjaan anda atau carilah pekerjaan yang anda sukai. Karena kalau anda mempunyai minat dan kesenangan pada pekerjaan yang akan dan sedang anda kerjakan maka energi positif akan bangkit dan hal ini akan mengurangi kebosanan, kelelahan dan ketegangan anda sehingga ide-ide dan pikiran kreatif anda pun akan terpancing hadir.
  2. Berpikir kreatif. Berpikir kreatif berarti menemukan cara-cara baru yang lebih baik untuk mengerjakan pekerjaan anda. Berpikir kreatif dapat dilakukan oleh siapapun dan bidang pekerjaan apa pun, tidak hanya terbatas untuk orang-orang pandai atau seorang pimpinan dan tidak pula hanya terbatas untuk pekerjaan tertentu saja. Dengan berpikir kreatif diharapkan kita mampu menyederhanakan pekerjaan-pekerjaan yang selama ini dianggap sulit dan berat sekalipun.
  3. Fokus. Fokus dan pusatkan perhatian anda sepenuhnya untuk menyelesaikan pekerjaan anda dengan baik. Tinggalkan hal-hal yang tidak perlu atau bahkan tidak ada hubungan sama sekali dengan pekerjaan anda. Dengan demikian anda dapat menghemat energi dan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan anda.
  4. Rileks. Belajarlah bersikap rileks sewaktu anda mengerjakan pekerjaan anda. Rileks dan nikmati pekerjaan anda. Tegang itu sebuah kebiasaan. Rileks juga sebuah kebiasaan. Jika kebiasaan buruk dapat dihentikan maka kebiasaan baik dapat ditambahkan. Mudah? Sama sekali tidak! Anda harus menjungkirbalikkan kebiasaan anda selama ini. Meski demikian hasilnya sepadan atau bahkan lebih! Karena hidup anda akan berubah 180 derajat!.
  5. Percaya dan yakin sesuatu dapat dilakukan dan diselesaikan. Inilah prinsipnya : untuk melakukan hal apapun, kita harus lebih dahulu percaya dan yakin bahwa hal itu dapat dilakukan dan dapat diselesaikan. Percaya sesuatu dapat dilakukan membuat pikiran bergerak untuk mencari cara untuk melaksanakannya. Yakinlah bahwa setiap kesulitan dan masalah pasti ada jalan keluarnya. Dibalik setiap kesulitan pasti ada kemudahan.
Tujuan tertinggi dari bekerja cerdas adalah anda dapat bekerja lebih sedikit, memperoleh penghasilan lebih banyak, mencapai pensiun lebih dini, melayani lebih banyak lagi orang dan meraih kebebasan finansial, yaitu memiliki lebih banyak uang dan waktu luang.

Demikian beberapa kiat yang bisa saya sharing kepada anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang ingin menerapkan prinsip bekerja cerdas dalam diri anda dan mempraktekkannya dalam kehidupan anda sehari-hari. Saya yakin masih banyak lagi kiat-kiat lain atau faktor lain yang dapat mendukung kita untuk bekerja cerdas, sudilah kiranya bagi anda yang mempunyai ilmu, pengetahuan ataupun informasi mengenai hal tersebut dapat berbagi dengan kami disini.

2 komentar:

Gustriwana mengatakan...

artikel yg bermanfaat dan harus di terapkan. Apalagi kalau kita bisa bekerja cerdas untuk menumbuhkan dan mensukseskan usaha dan bisnis kita sendiri. Cerdas membangun aset dan bekerja keras untuk berhasil. Sungguh sayang bila kerja cerdas dan keras kita hanya untuk mensukseskan bisnis orang lain (Bos).

Kurniawan Shiddiq mengatakan...

to mas gustriwana, terimakasih sudah mau berkunjung, saya sepakat dengan mas rizal.