Senin, 03 Januari 2011

5 Langkah Penting Mencapai Tujuan di Tahun 2011

Selamat datang 2011, selamat datang semangat baru, mental baru dan jiwa yang baru.

Akhir tahun 2010 yang lalu diantara anda mungkin ada yang sudah melakukan evaluasi atas apa saja dari daftar keinginan dan tujuan anda yang telah tercapai dan belum tercapai. Apa saja kekurangan dan kelemahan anda yang harus diperbaiki ditahun 2011 ini.

Nah, mumpung masih diawal tahun, anda bisa siapkan segala sesuatunya sejak dini. Katakan dan yakinkan kepada diri anda bahwa tahun 2011 ini harus menjadi "tahun kesuksesan saya".

Untuk mewujudkan kesuksesan anda di tahun ini, anda harus memiliki
rencana yang baik dan matang. Jika saat ini anda masih kebingungan mencari cara mewujudkan resolusi anda ditahun ini, berikut saya akan mencoba berbagi tips kepada anda.

5 langkah penting mencapai tujuan di tahun 2011 :

1. Buatlah daftar keinginan dan tujuan yang ingin anda capai tahun ini.
  • Visualisasikan daftar anda dalam bentuk catatan atau tulisan. Suatu saat jika anda lupa, anda bisa melihat kembali daftar yang telah anda catat tersebut.
  • Buat skala prioritas dari daftar anda, seperti : prioritas utama, prioritas biasa dan prioritas tambahan. Hal ini akan memudahkan anda mengontrol setiap jengkal langkah yang akan anda ambil.
  • Fokuskan dulu pada apa yang menjadi prioritas utama anda.
  • Bagi kedalam ukuran waktu, seperti bulanan, tri wulan atau semester. agar anda lebih mudah membagi fokus anda. 
  • Jika memungkinkan, tempelkan daftar anda ditempat yang mudah anda lihat setiap saatnya. Kemudian luangkan waktu untuk membaca daftar tersebut setiap bangun tidur dipagi hari dan ketika anda ingin beranjak tidur. Atau bila perlu beritahukan semua keinginan dan tujuan yang ingin dicapai pada anggota keluarga anda, supaya mereka dapat ikut memberikan semangat kepada anda. Sehingga anda dapat terus termotivasi untuk merealisasikan keinginan dan tujuan anda.
Apapun tujuan anda, tetapkanlah dengan mantap dan bijak. Karena itu lebih baik bagi anda ketimbang hanya berjalan tak tentu arah, yang hanya akan menguras energi dan biaya yang anda miliki tanpa hasil yang jelas.

2. Buat rencana strategis sebagai pedoman yang akan memudahkan anda merealisasikan daftar keinginan dan tujuan anda.

Seperti halnya ketika anda ingin pergi berlibur. Tentunya setelah anda tetapkan tujuan yang akan dikunjungi, pastinya anda akan mempersiapkan perbekalan apa saja yang akan dibawa, kendaraan apa yang akan digunakan, jalur mana yang akan ditempuh, berapa lama perjalanan anda dan akhirnya anda akan mempunyai gambaran kapan anda akan tiba di tempat tujuan.

Rancanglah rencana anda sebaik mungkin. Cari informasi terkait sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber. Dan jangan pernah malu untuk bertanya jika anda memang tidak tahu atau tidak mengerti. Itu akan lebih baik ketimbang anda salah jalan. Bahaya!

3. Action, action, action.
Apapun keinginan dan tujuan anda serta sebaik apapun rencana yang telah anda rancang, namun jika anda hanya berdiam diri, tidak mengambil tindakan apa-apa dari rencana yang telah anda susun rapi, maka hasilnya akan nihil. Tidak akan ada perubahan yang akan terjadi.

Dan pada akhirnya nanti anda hanya akan menyesali diri sebagai seorang pecundang yang tidak berani melawan kerasnya kehidupan dan tidak mampu merasakan nikmat dan indahnya hidup, karena anda tidak berani melangkah dan melakukan yang semestinya anda lakukan. Anda mau menjadi seperti itu?

4. Coba berimprovisasi.  
Dalam sebuah permainan musik, terutama musik jazz sedikit improvisasi akan menambah keindahan dari harmoni lagu yang dimainkan. Begitu juga dalam menjalani hidup ini, sedikit improvisasi dalam mewujudkan keinginan dan tujuan yang telah di rencanakan dengan matang akan menjadikan petualangan hidup anda lebih berwarna dan bergairah.

Namun mesti diingat juga, improvisasi hanya diperlukan jika memang situasi menghendaki demikian. Karena tidak ada yang dapat menjamin situasi dan kondisi besok, minggu depan, bulan depan atau enam bulan kedepan seperti apa. Namanya juga kehidupan, hari esok adalah misteri, kita manusia punya kemampuan terbatas. Hanya Tuhan lah yang Maha Tahu Segalanya.

Bertindaklah secara cerdas dengan penuh semangat, gigih, tekun dan sabar. Jika anda ingin hasil yang luar biasa, maka berusahalah dengan cara-cara yang luar biasa pula.

Tinggalkan kebiasaan buruk anda ditahun yang lalu, seperti bermalas-malasan, suka menunda-nunda pekerjaan, mudah putus asa, minder, pesimis dan lain sebagainya. Tahun ini saatnya anda bangkit, wujudkan impian dan cita-cita anda. Jadikan tahun ini tahun kesuksesan anda.

5. Berdoa kepada Sang Maha Pengatur
Salah satu hal yang paling wajib anda jalani, dari awal menetapkan tujuan hingga pada saat anda menjalani semua rencana-rencana anda yaitu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Siapapun anda, apapun keyakinan anda, anda tidak bekerja sendirian. Masih ada Tuhan yang selalu mengawasi anda.

Jika anda berusaha tanpa berdoa, sombong namanya. Jika anda hanya berdoa saja tanpa berusaha, akan sia-sia saja. Maka yang terbaik adalah anda harus memadukan keduanya, menjadikannya satu kolaborasi yang luar biasa, untuk meraih hasil yang luar biasa pula.

Demikian 5 langkah penting yang mudah-mudahan bisa menjadi pemicu kesuksesan anda. Mulailah bertindak, mulai dari hal-hal kecil dan mulailah saat ini juga.

Jadikan hidup ini sebuah petualangan yang menakjubkan. Karena hidup ini indah, jika anda sungguh-sungguh menghendakinya demikan. Semoga semua keinginan dan tujuan anda ditahun 2011 ini dapat anda raih dengan gilang gemilang.

2 komentar:

crisna mengatakan...

ertamax mas. ini kunjungan pertama saya. saya rasa tips2 diatas sudah sangat mewakili sebagai syarat2 untuk memulai usaha menuju sukses mas.

Kurniawan Shiddiq mengatakan...

to mas crisna, terimakasih sudah mau berkunjung ke blog saya dan terimakasih atas komentarnya.