Jumat, 19 November 2010

Apakah Anda Sudah Memiliki Tujuan Hidup?

Setiap orang yang menginginkan sukses dalam hidup ini pastilah memiliki tujuan, sebab sukses itu sendiri merupakan suatu bentuk tujuan. Tujuan adalah sasaran, target, cita-cita. Tujuan lebih dari sekedar mimpi atau tepatnya tujuan adalah mimpi yang diwujudkan.

Tujuan hidup seseorang pastinya berbeda-beda, dan tujuan hidup itu sendiri pun terbagi kedalam beberapa bidang, diantaranya tujuan hidup dalam bidang ekonomi, spiritual keagamaan, hobby, minat, bakat, sosial dan masih banyak lagi.

Terkadang tujuan itu juga terbagi dalam beberapa fase, ada tujuan jangka pendek, seperti
: lulus sekolah, lulus kuliah, mendapat pekerjaan dan lain-lain. Ada juga tujuan jangka menengah, seperti : menikah, membeli kendaraan, membuka usaha kecil-kecilan, menunaikan perjalanan suci keagamaan dan lain sebagainya. Ada pula yang memiliki tujuan jangka panjang seperti : mempunyai rumah idaman, memiliki perusahaan sendiri, memiliki keluarga yang bahagia dan masih banyak lagi tujuan-tujuan hidup yang lainnya.

Namun tidak ada yang akan terjadi dan tidak ada langkah maju yang diambil hingga suatu tujuan ditetapkan. Tanpa tujuan, orang hanya akan berkeliaran dalam menjalani hidup ini, berjalan limbung tak tentu arah dan akibatnya mereka tidak akan pernah sampai dimana-mana.

Tujuan mempunyai peran yang amat krusial bagi keberhasilan, karena dengan memiliki tujuan, seseorang akan dapat tetap berada pada jalur yang benar dalam mencapai keberhasilannya itu. Tujuan tidak dapat dicapai hanya dengan kebetulan, namun anda harus menentukannya terlebih dahulu, tentukan dengan seksama kemana anda ingin pergi, baru anda mulai melangkah. Yang terpenting bukanlah dimana anda berada dahulu atau dimana anda berada sekarang, melainkan kemana anda hendak tiba nanti.

Untuk mencapai tujuan tertentu, kita harus merencanakan dengan jelas usaha-usaha untuk mencapainya. Orang yang bertekad mencapai keberhasilan maksimum belajar prinsip bahwa 'kemajuan dibuat satu langkah demi satu langkah', gedung dibangun bata demi bata, setiap prestasi besar merupakan serangkaian prestasi kecil.

Mulailah membuat rencana tujuan anda atau jika anda sudah memiliki sebuah rencana untuk mencapai tujuan tertentu mulailah melangkah menuju tujuan utama anda. Kerjakan tugas yang mengantar anda kepada tujuan anda tersebut, sekecil apapun tugas atau pekerjaan itu, walau kelihatannya sepele atau tidak penting, jangan pernah anda remehkan, ingat : ' setiap prestasi besar merupakan serangkaian prestasi kecil', satu langkah kearah yang benar akan dapat membawa anda kepada tujuan anda.

Siapkan tujuan anda dari sekarang dan capailah dengan sungguh-sungguh. Semoga anda dapat meraih semua tujuan hidup anda.

3 komentar:

belajar bisnis mengatakan...

tujuan saya untuk saat ini, ingin menjadi seorang pebisnis online yang sukses,hehehe.....

Kurniawan Shiddiq mengatakan...

amiin... semoga terkabul dan dimudahkan jalannya.

Pelangi Mitra Sejati mengatakan...

amin yra...